March 10, 2014

Pertolongan Allah Sungguhlah Dekat

Minggu, 9 Maret 2014 : Islamic Book Fair - Istora Senayan.

Jam menunjukkan pukul 12 siang.
Turun dari halte Transjakarta, aku berjalan mengikuti orang-orang yang dilihat dari penampilannya, pasti menuju tempat yang sama denganku.

"Wah benar nih... Sekarang cari Musholla !", bergumam dalam hati.

Belum sempat masuk ke lokasi, tampak antrian wudhu yang memanjang hingga menghalangi jalan.
Sempat menengok sebentar. Siapa tahu perkiraanku salah kalau antriannya sepanjang itu.
Baru sedikit berjalan, antrian itu nggak sama sekali bergerak...

Aku berbalik arah, keluar menuju pagar Istora.

"Pasti ada. Pasti ada tempat lain yang punya Musholla. Jadi aku tak perlu berantri selama itu di tengah teriknya matahari pada saat itu.", aku mengoceh sendirian.

"Dek! Dek!", sepertinya maksudnya tertuju padaku, kemudian aku menengok.
Wanita tua itu tergopoh-gopoh membawa tas sambil berlari kearahku.

Ah, dia mirip ibuku. Hanya kulitnya saja yang tampak lebih gelap.

"Adek rombongan ya?"
"Nggak, Bu. Ada apa?"
 Kami berbincang di tengah trotoar. Rasanya adem sekali, ternyata banyak pohon di sekitar kami.

"Dek, ibu mau pulang untuk ngambil uang. Ibu udah bon buku-buku untuk murid-murid ibu, tapi uangnya kurang. Sekarang ibu mau pulang ambil uang dirumah, tapi sekarang ibu nggak ada ongkos pulang. Boleh pinjam uang 16 ribu aja nggak, Dek?"

Beliau sempet berjanji akan mengembalikan uang pinjaman sepulang dia kembali dari rumah. Beliau memberikan arahan padaku untuk janjian depan Istora sekitar jam 2 siang. Beliau juga meminta nomor telepon ku supaya memudahkan untuk ketemuan.

Lagi lagi. Sedikit aneh, namun aku berusaha buang jauh-jauh pikiran negatif yang datang.
Mungkin beliau adalah perantara yang Allah turunkan.... kembali untuk mengujiku. Entah untuk apa, tapi pasti akan ada sesuatu 'di depan' nanti.

Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,
Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mu'min di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitan nya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.

"Ini, Bu. Maaf seadanya ya. Ibu hati-hati ya."
"Iya, Dek. Nanti ibu miskol ya, janjian depan sini aja", sambil menunjuk pintu masuk Istora.

Aku terus berjalan.
Jauh memandang, sudah terlihat stadion utama. Tapi aku tak yakin akan kesana karena jaraknya begitu jauh.

Baru sedikit melangkah, aku kembali berbalik arah.
Mencari bangunan terdekat yang tertangkap mata kala itu.
"JCC jauh sekali..."

Panasnya siang itu, membuatku semakin yakin pasti ada Musholla.
"Pasti !", teriak dalam hati.
Kembali, aku menyusuri jalan yang sebelum nya. Penasaran juga apakah Ibu paruh baya itu sudah pulang atau belum.
"Yasudah, sholat di tempat tadi aja deh.", Ku pasrahi berjalan masuk kembali menuju Istora.

Tak jauh dari pintu masuk, aku melihat ada pagar terbuka.
"Eh, seperti restoran makan.", Masih ngoceh sendirian.
Tanpa kusadari, ternyata selama aku berjalan tadi, tepat dipinggirnya ada dinding menunjukkan itu adalah bangunan.
Ruangannya tertutup.
Sedikit ragu bahwa ini tempat umum karena dari luar tampak seperti ruangan kerja yang luas.
Jendelanya transparan, sehingga aku sadar beberapa orang sedang makan disana.
Selain itu, ada gantungan "OPEN" di depan pintu.
"Ah, bener nih.", sahut dalam hati.

"Misi, Mas... disini ada toilet?", akhirnya aku nekat masuk.
Jelas saja tertutup, ternyata ruangan ber-AC.
Aku masuk tanpa membuat pesanan satupun. Aku masuk tanpa duduk basa-basi seolah aku ingin memesan makanan. Aku masuk tanpa malu.

"Ada, mbak. Silahkan dibalik tirai ya.", Pria berseragam mengarahkan ibu jari nya ke arah belakang.

Betul saja, ada dinding bertempelkan sticker MUSHOLLA.
Tempatnya sungguh nyaman. Adem ber-AC. Aku pun tak perlu berantri panjang. Alhamdulillah...

"Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan?", teringat akan firman ke-13 surat Ar-Rahman.
Janji Allah sungguhlah pasti. Bila kamu menjaga-Nya, Allah akan mengutus semesta dan seisinya untuk menjagamu. Allahu Akbar... !!!

Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.
 [ Q.S. Al-Baqarah 214 ]

No comments:

Post a Comment