April 14, 2014

Bersegera Dalam Menuntut Ilmu



Teringat kisah sahabat Nabi (maaf saya lupa namanya, kita sebut saja si fulan-A) yang menempuh perjalanan selama 1 bulan hanya karena ingin mendengar satu hadits yang belum sempat ia dengar. Ketika itu si fulan-A yang tinggal di Madinah mendatangi teman dekatnya (maaf saya masih lupa namanya, kita sebut saja si fulan-B) yang hijrah pula ke tempat lain.

Si fulan-B heran sekaligus kaget akan kedatangan temannya yang menemuinya hanya demi satu hadits Nabi yang belum pernah ia dengar.
Jawabnya si fulan-A yang intinya seperti ini,
"Aku tidak ingin wafat ketika masih ada hadits Rasulullah SAW yang belum aku ketahui. Padahal aku masih ada waktu dan mampu mendengarkan hadits tersebut namun waktu itu tidak aku pergunakan untuk hal tersebut."


***

Begitulah kisah sahabat Nabi Muhammad SAW tersebut yang mengingatkanku pada kawan-kawanku tentang kemarin.

Aku dibuatnya iri dengan besarnya semangat mereka mendatangi majelis ilmu dari satu tempat ke tempat lain dalam hari yang sama. Datang dari beberapa penjuru kota dengan niat mulia... menuntut ilmu. Tanpa peluh sedikitpun, padahal ketika itu hujan turun.

Ah, kawan-kawanku... Semoga Allah senantiasa memudahkan jalan kalian menuju surga terbaik Allah SWT. Sama seperti semangat kalian saat menuju majelis ilmu. Aamiin.

- Masjid Istiqlal, Taman Wijaya Kusuma -

2 comments: